in ,

Penyaluran Rp 13,4 Triliun untuk Infrastruktur Strategis

Penyaluran Rp 13,4 Triliun untuk Infrastruktur Strategis
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyalurkan pendanaan pembebasan lahan sejumlah Rp 13,4 triliun untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur proyek strategis nasional (PSN) sepanjang tahun 2021. Dana itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menjelaskan, anggaran Rp13,4 triliun itu disalurkan sebagian besar untuk pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dan Trans Sumatera sebesar Rp 11 triliun; Bendungan Bener Jawa Tengah dan Karian Banten senilai Rp 1,7 triliun.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan terhadap percepatan perwujudan infrastruktur proyek strategis nasional (PSN) dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sejak mandat pendanaan lahan diberikan kepada LMAN di tahun 2016, dana yang telah dibayarkan untuk pembebasan lahan pembangunan PSN telah mencapai Rp 80,2 triliun dengan serapan terbesar di sektor jalan tol senilai Rp 70,9 triliun,” jelas Basuki dalam taklimat media, pada Jumat (30/7).

Baca Juga  Sri Mulyani Beberkan Langkah Pengembangan Ekonomi Hijau dan Biru

Menurutnya, pencapaian penyaluran pendanaan lahan itu merupakan hasil dari sinergi yang baik dari semua komponen yang terlibat dalam ekosistem pendanaan lahan, yakni bersama kementerian/lembaga terkait; pemerintah daerah; badan usaha; dan masyarakat pemilik lahan. Kinerja pendanaan lahan yang dilakukan LMAN selama ini telah mendorong beroperasinya 1.415 kilometer jalan tol baru, satu pelabuhan, dan dua bendungan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *