in ,

Peringatan Kemerdekaan Virtual di Rumah Digital Indonesia

Peringatan Kemerdekaan Virtual di Rumah Digital Indonesia
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan, Peringatan HUT RI ke-76 tahun ini digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID-19, dengan berfokus pada kegiatan-kegiatan virtual. Ia mengatakan, masyarakat tetap bisa merasakan semarak Peringatan HUT RI ke-76 RI yang bertema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” ini selama sebulan penuh dalam program Bulan Kemerdekaan di kanal Rumah Digital Indonesia (RDI).

“Berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru. Pada peringatan tahun ini, suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui platform Rumah Digital Indonesia mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021,” katanya dalam keterangan pers tentang Bulan Kemerdekaan dan RDI, secara virtual, Jumat sore (30/07).

Baca Juga  PPKM Darurat Akan Mengoreksi Ekonomi Kuartal III

Ia menjelaskan, RDI hadir sebagai ruang bertemunya kemajuan teknologi digital dengan semangat nasionalisme sebagai bangsa yang tangguh dan terus bertumbuh, untuk melampaui batas-batas fisik yang ada.

“Dengan semangat kebersamaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan secara virtual, RDI menjadi salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia mampu dan berdaya secara digital,” imbuhnya.

Pratikno mengemukakan, Bulan Kemerdekaan yang digagas sejak 2017 ini meliputi acara pokok kenegaraan, berbagai acara festival, serta kegiatan bernuansa khidmat seperti Zikir dan Doa Kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka Bulan Kemerdekaan.

Namun, kali ini Bulan Kemerdekaan yang dihadirkan dalam RDI akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukkan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang dikemas secara digital.

Baca Juga  Kemenkeu: BUMN Penerima PMN Wajib Teken KPI

“Arenanya digital, jadi semangatnya, kemeriahannya, tetap sama, ruangnya beda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama. Berusaha berkontribusi untuk kemajuan dan kemanusiaan tetap sama, tetapi arenanya memang akan banyak digeser ke arena virtual,” tegas Pratikno.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings