in ,

Membangun Literasi untuk Pembayar Pajak Masa Depan

Membangun Literasi untuk Pembayar Pajak Masa Depan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Generasi muda adalah pembayar pajak di masa depan. Oleh karena itu sudah seharusnya literasi perpajakan dikenalkan sejak dini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Organisasi  Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (ATPETSI) Doni Budiono saat menjadi narasumber dalam acara peluncuran Pajak.com Writing Festival 2021 pada Kamis (29/7/21).

Budiono mengapresiasi inisiatif Pajak.com menggelar kegiatan inklusi perpajakan bagi generasi muda ini. Menurutnya, penerimaan pajak bukan kepentingan Kementerian Keuangan semata, melainkan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia.

“Saya tidak dapat membayangkan bagaimana kesulitan Kementerian Keuangan, khususnya DJP untuk mengumpulkan penerimaan pajak di saat kondisi ekonomi seperti ini. Saya yakin ini pekerjaan yang sangat berat. Di satu sisi negara membutuhkan dana untuk recovery kondisi yang sangat tidak baik ini,” kata Budiono.

Baca Juga  Mensos Risma Minta Arek-Arek Surabaya Lapor Pajak

Budiono mencontohkan, dalam dua tahun ini, di tengah pandemi COVID-19, pemerintah telah banyak memberikan fasilitas dan insentif untuk Wajib Pajak dan masyarakat. Misalnya bantuan sosial dan fasilitas insentif di bidang perpajakan bagi pelaku usaha. Semua fasilitas itu bersumber dari penerimaan pajak.

“Di satu sisi fasilitas ini baik untuk masyarakat, di lain sisi penerimaan dari DJP tergerus. Jadi untuk mencapai target memerlukan upaya yang sangat luar biasa,” kata Budiono.

Budiono menyampaikan, kegiatan literasi perpajakan sejak dini bisa dimulai dengan mengenalkan pajak melalui tulisan, komik dan teknologi audio visual. Namun, menurutnya membaca dan menulis saja belum cukup. Tetapi juga harus mempublikasikannya. Dan apa yang digagas oleh Pajak.com adalah sebuah upaya untuk menjadi fasilitator literasi tersebut.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0