in ,

Raih Investasi 270 Miliar, Eden Farm Bangun Ekosistem

Raih Investasi 270 Miliar, Startup Eden Farm Bangun Ekosistem
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Eden Pangan Indonesia (Eden Farm), startup bidang pertanian teknologi (agritech), meraih investasi sebesar 19 juta dollar AS atau Rp 270 miliar dalam putaran pendanaan seri A yang dipimpin oleh AC Ventures dan AppWorks. Adapun investor lain yang menanamkan modal yaitu Trihill Capital, OCBC Ventures, Investible, Corin Capital, serta Global Founders Capital. Investasi ini akan digunakan Eden Farm untuk membangun ekosistem pertanian yang menguntungkan petani dan konsumen.

Co-founder dan CEO Eden Farm David Setyadi Gunawan mengatakan, perusahaan akan memanfaatkan raihan investasi pendanaan senilai Rp 270 miliar untuk memperkuat infrastruktur rantai pasok dan kemampuan teknologinya.

“Dana segar juga akan dimanfaatkan untuk ekspansi pasar dan merekrut lebih banyak talenta. Ini agar target Eden Farm pada 2022 tercapai. Pada akhir 2022, kami memperluas ke 25 kota dan delapan kabupaten,” kata David yang dikutip Pajak.compada (9/11).

Baca Juga  Gandeng MAPA, Foot Locker Segera Hadir di Indonesia

Eden Farm juga menargetkan dapat memasarkan produk pertanian ke lebih dari 100 ribu pelanggan pada tahun 2022. Sedangkan tingkat pemenuhan barang diharapkan mencapai 100 persen di lebih dari 1.000 unit penyimpanan. Kini Eden Farm telah menggaet lebih dari 2.000 petani di Jawa, memiliki lima pusat pemenuhan produk, dan melayani lebih dari 53 ribu pelanggan.

Startup pertanian yang didirikan pada 2017 ini berfokus pada penyediaan produk segar berbasis Business to Business (B2B). Artinya, Eden Farm menghubungkan petani lokal dengan pembeli secara langsung, seperti ke hotel, restoran, kafe, pasar basah, dan bisnis besar lainnya.

“Eden Farm menyederhanakan rantai pasok makanan dengan mengganti perantara untuk memberikan margin dan harga yang lebih baik bagi petani serta pembeli. Kami juga menyediakan perkiraan permintaan bagi petani sehingga dapat meningkatkan produksi,” kata David.

Baca Juga  Profesi Keuangan Jadi Tiang Penyangga Perekonomian

Menurutnya, kini pendapatan petani di ekosistem Eden Farm telah meningkat tiga kali lipat lebih. Eden Farm juga mengklaim dapat mengurangi biaya bagi pelanggan hingga 30 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *