in ,

Optimalkan Peran Bank Syariah Melalui SDM Unggul

Wapres: Optimalkan Peran Bank Syariah Melalui SDM Unggul
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Industri halal terus menjadi fokus pemerintah dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Meningkatnya keterbukaan ekonomi membuat semakin terjalinnya hubungan ekonomi antarnegara sehingga bank syariah diharapkan mampu melayani transaksi bertaraf global. Melihat hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengungkapkan, diperlukan adanya peningkatan peran bank syariah melalui penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mendukung kemajuan layanan perbankan syariah.

“Agar peran bank syariah lebih optimal, maka diperlukan penyiapan SDM unggul untuk menciptakan produk dan layanan baru, memperluas jaringan layanan perbankan syariah, dan memperluas literasi kepada masyarakat,” ungkapnya dalam acara The 2021 Sebelas Maret International Conference on Islamic Economics secara virtual, Selasa (09/11).

Baca Juga  BKPM dan Pemda Jatim Susun Penerapan UU Cipta Kerja

Ia menambahkan, penguatan bank syariah telah dilakukan dengan cara mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) dikonversi menjadi bank syariah.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pembiayaan syariah oleh bank syariah, baik yang sifatnya bank umum maupun bank daerah,” tambahnya.

Wapres menjelaskan, bank syariah sendiri merupakan pilar penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, karena perannya sangat strategis dalam industri produk halal dan perluasan usaha syariah, serta memiliki peluang kontribusi dalam memajukan industri keuangan syariah.

“Bank syariah di masa depan setidaknya memiliki tiga peranan penting. Pertama, memfasilitasi permodalan kepada pelaku yang bergerak di industri produk halal. Kedua, memberikan akses kepada seluruh pelaku bisnis. Ketiga, dapat melayani transaksi besar dan bertaraf global,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0