in ,

Pembangunan Proyek KEK Lido Harus Diakselerasi

Pembangunan Proyek KEK Lido
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mendorong membangun dan mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) agar mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah. Salah satu KEK yang sedang dalam tahap pembangunan adalah KEK Lido di kawasan Jawa Barat. Untuk itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Dewan Nasional KEK menegaskan, untuk menggaet investor, pembangunan sejumlah proyek di KEK Lido harus diakselerasi.

Menko Airlangga mengatakan, progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80 persen. Akses jalan dan infrastruktur yang ditargetkan sebagian fasilitas dapat beroperasi pada akhir tahun nanti pun menurutnya hampir lengkap.

Menurut Airlangga, keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi lima tahun senilai 1,8 miliar dollar AS atau setara Rp 26,64 triliun. Pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp 2,07 triliun atau 7,77 persen dari total nilai investasi.

Baca Juga  Realisasi Pemanfaatan EBT Indonesia Alami Peningkatan

“KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang, di mana saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja,” papar Airlangga usai memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK, Kamis (30/6/22).

Airlangga optimistis, pembangunan ini akan menyerap tenaga kerja yang besar, terutama di theme park dan sarana hospitality lainnya. Selain itu, pihaknya juga sedang membangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif, termasuk movieland.

“Kami berharap banyak produk kreatif dihasilkan dari sana,” kata Menko Airlangga.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *