in ,

Pasar Rakyat Penggerak Ekonomi Daerah

Pasar Rakyat Penggerak Ekonomi Daerah
FOTO : IST

Pajak.com, Purworejo – Pasar rakyat adalah penggerak ekonomi di daerah. Menyadari hal itu, Kementerian Perdagangan akan terus melaksanakan program revitalisasi pasar rakyat di tanah air. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan, melakukan revitalisasi pasar rakyat tidak sebatas hanya di pembenahan fisik. Revitalisasi pasar akan menjadi sentra kearifan lokal dan sentra penggerak ekonomi suatu daerah.

“Kegiatan revitalisasi pasar tidak hanya bicara tentang memperbaiki dan merawat pasar rakyat. Kita bicara tentang revitalisasi sentra kearifan lokal dan sentra penggerak ekonomi di daerah dengan perbaikan pasar tersebut. Hal yang kita perlukan adalah bagaimana pasar mendekatkan pedagang dengan pembeli,” kata Mendag Lutfi saat meresmikan tiga pasar rakyat di Purworejo dan Kebumen, Jawa Tengah pekan ini.

Baca Juga  Singapura dan Indonesia Kerja Sama Pengembangan KEK

Dalam peresmian ketiga pasar tersebut, Mendag Lutfi datang langsung bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. Saat meresmikan Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen, Mendag Lutfi berharap masyarakat Kebumen dapat mengelola dan memelihara dengan baik kedua pasar yang sudah terbangun ini. Dengan demikian, pasar dapat terjaga kebersihan dan keindahannya, dirasakan manfaatnya, serta memberikan keamanan dan kenyamanan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kebumen.

Lutfi menjelaskan, Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang dibangun melalui Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan Tahun 2021. Kedua pasar ini menjual bahan pangan kering dan basah, komoditas nonpangan, dan makanan siap saji. Pasar Dorowati berdiri di atas lahan seluas 4.955 meter persegi dengan bangunan seluas 3.944 meter persegi. Setelah pembangunan, Pasar Dorowati mampu menampung 280 pedagang dalam 52 kios dan 228 los. Sedangkan, Pasar Kejawang berdiri di atas lahan seluas 796 meter persegi dengan luas bangunannya 700 meter persegi. Pasar Kejawang mampu menampung 127 pedagang dalam 9 kios dan 118 los.

Baca Juga  Momen Lebaran Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu, pada peresmian Pasar Purworejo di Purworejo, Mendag Lutfi menyambut baik berbagai upaya menjawab tantangan masa depan melalui digitalisasi pasar rakyat, baik dari sisi finansial maupun infrastruktur. Ia menyebut, digitalisasi pasar merupakan hal penting untuk terus meningkatkan kesejahteraan di daerah tersebut.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0