in ,

Pemerintah Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat

Pemerintah Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Penggerak Muda Pasar Rakyat untuk para mahasiswa. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing pedagang dan pengelola pasar rakyat sekaligus memberi pengalaman penting bagi mahasiswa.

“Dengan sinergi ini mahasiswa akan membantu pemerintah melaksanakan program dan kebijakan terkait pembinaan kepada pedagang dan pengelola pasar rakyat secara komprehensif. Nantinya, kerja sama ini akan turut menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa yang akan datang,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam Grand Launching Penggerak Muda Pasar Rakyat, yang disiarkan secara virtual, (18/1).

Ia menyebutkan, implementasi perjanjian dari kolaborasi dua kementerian ini adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan program Magang Bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat dalam bentuk tiga kegiatan, yaitu penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pasar rakyat, digitalisasi pasar rakyat, aktivasi sekolah pasar, serta pertukaran data dan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga  Tiga Fokus “Blue Print” Komitmen IMT-GT

“Magang Bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa di pasar rakyat selama satu semester. Mahasiswa nantinya akan mendapatkan keterampilan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang kompleks, adaptif, dan soft skill lainnya seperti etika profesi pekerjaan, komunikasi, dan kerja sama,” kata Lutfi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings