in ,

Panja Penerimaan DPR Usulkan Enam Rekomendasi

Panja Penerimaan DPR Usulkan Enam Rekomendasi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Panitia Kerja (Panja) Penerimaan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan untuk memberikan enam rekomendasi kepada pemerintah terkait Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Rekomendasi ini diputuskan melalui tiga kali rapat pembahasan.

Wakil Ketua Komisi XI DPR sekaligus Ketua Panja Penerimaan Fathan Subchi menuturkan, pemerintah perlu mengoptimalkan berbagai upaya agar target pertumbuhan ekonomi, sehingga penerimaan pajak dapat tercapai.

“Panja meminta agar pemerintah melakukan langkah-langkah agar pemulihan tersebut benar-benar terealisasi pada tahun 2022 dan berdampak pada tercapainya target pendapatan negara tahun 2022,” jelas Fathan, dalam Rapat KEM-PPK RAPBN 2022, pada Selasa (8/6).

Baca Juga  Pertamina Percepat Pembangunan Energi Hijau

Dengan demikian, Panja Penerimaan merekomendasikan enam hal. Pertama, pemerintah perlu merumuskan strategi dan kebijakan untuk mengantisipasi berbagai ketidakpastian dan dampak yang diakibatkan pandemi Covid-19 terhadap ketahanan ekonomi dan pembangunan.

Kedua, memperbaiki perencanaan pendapatan negara pada 2022 dan memastikan angka pendapatan yang nantinya ditetapkan dalam APBN dapat terealisasi, sehingga memberikan kepastian terhadap setiap belanja.