in ,

Nadiem Anggarkan Rp 17 Triliun Belanja Produk TIK PDN

“Berdasarkan perhitungan kami, dengan para produsen laptop apabila perakitan bisa sampai dengan titik 1-2 juta laptop di dalam negeri, maka akan mendorong Original Design Manufacturer (ODM) laptop semakin tertarik untuk memperkuat ekosistem dari laptop yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Saat ini, dengan adanya dukungan dari Kemendikbud Ristek, produk laptop yang bisa dirakit di dalam negeri sudah menembus 400 ribu unit.

“Tentu kami akan memperluas pangsa ini dengan dukungan berbagai pihak, termasuk komitmen dari pemerintah daerah agar bisa menyerap laptop buatan dalam negeri.”

Ia mengatakan, tata cara penghitungan TKDN produk elektronika diatur dalam peraturan Menperin nomor 22 tahun 2020. Namun, untuk mengikuti pengembangan industri dalam negeri, pihaknya saat ini tengah memfinalisasi aturan khusus terkait tata cara perhitungan TKDN untuk produk laptop.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

“This is on going process. Tentu tujuannya dari penyusunan Permenperin ini adalah sebagai upaya kami dalam meningkatkan investasi dan tenaga kerja, serta mendukung program bangga buatan Indonesia,” pungkasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *