in ,

Mitigasi Kecurangan Anggaran, BPK Susun “Foresight”

Mitigasi Kecurangan Anggaran, BPK Susun “Foresight”
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna mengatakan, krisis akibat pandemi dapat menimbulkan risiko kecurangan dalam penggunaan anggaran. Untuk itu, BPK telah menyusun pendekatan foresight (tinjauan masa depan) untuk menjaga akuntabilitas pemeriksaan.

“Risiko kecurangan dan integritas yang selalu meningkat pada masa krisis yang perlu dimitigasi sejak awal dan selalu meninggalkan masalah hukum di kemudian hari,” jelas Agung dalam Webinar Seri II bertajuk Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pascapandemi Covid-19, Selasa (15/6).

Ia mengungkapkan, foresight yang tersusun dalam rencana strategis BPK 2020-2024 itu, akan mengusung tema Membangun Kembali Indonesia Pasca Covid-19: Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh.

“Semua diperlukan dapat menghasilkan foresight berdasarkan scenario planning yang akurat, akuntabel, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Agung.

Baca Juga  Menhub: Bandara Perairan Dukung Kemajuan Pariwisata

Ia menjelaskan, dengan pendekatan foresight, pemerintah juga dapat menganalisis isu yang kompleks dengan spektrum jangka panjang dalam perencanaan strategis dan pembuatan kebijakan berorientasi pada masa depan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0