in ,

Implementasi 5G untuk Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

Menkominfo Implementasi 5G untuk Perkuat Pertumbuhan Ekonomi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia telah memasuki era teknologi komunikasi jaringan 5G sejak tanggal 27 Mei 2021 lalu. Implementasi 5G ini menjadi langkah untuk mewujudkan akses telekomunikasi yang lebih berkeadilan dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, penerapan teknologi telekomunikasi 5G juga menjadi jembatan kesenjangan digital, meningkatkan kemampuan dan literasi masyarakat untuk menggunakan teknologi secara lebih adaptif. Selain itu, kehadiran jaringan 5G juga turut mendorong penggunaan internet yang lebih produktif.

Johnny menyampaikan, PT Telkomsel dan PT Indosat Ooredoo menjadi operator telekomunikasi yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk komersialisasi layanan 5G. Adapun PT Indosat Ooredoo ditugaskan untuk melakukan pengujian di Jakarta Pusat area Monas, yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

“Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun oleh PT Indosat, secara teknis siap dioperasikan. Khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1837,5 sampai 1857,5 Mhz,” jelas Johnny dalam keterangan tertulis Selasa (15/6/2021).

Johnny menjelaskan, tahapan penerbitan SKLO ini dilaksanakan sesuai Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Aturan itu merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 mengenai Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *