in ,

Menkop Ungkap Solusi Tingkatkan Ekspor UMKM

Menkop Ungkap Solusi Tingkatkan Ekspor UMKM - UKM
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, meski UMKM berkontribusi 60 persen terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja sebesar 97 persen; kontribusi ekspor UMKM masih relatif rendah yaitu 14,37 persen. Jumlah itu masih jauh tertinggal dari negara-negara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) yang sudah mencapai 35 persen.

Teten bilang, pasar global saat ini masih sulit ditembus oleh pelaku UMKM dan masih didominasi oleh korporasi besar karena beberapa faktor. Di antaranya, minimnya pengetahuan UMKM tentang pasar luar negeri, kualitas produk, dan kapasitas produksi; biaya sertifikasi yang tidak murah; hingga kendala logistik.

“Saya kira problem-problem ini sudah lama kita ketahui, tapi kita perlu segera mencari solusi terhadap masalah-masalah ini. Dengan kolaborasi saat ini, saya kira ini bisa kita cari solusi dengan cepat,” kata Teten di acara Konferensi 500K Eksportir Baru: Memacu Ekspor UKM secara daring, Senin (19/4).

Baca Juga  Akses Pasar dan Teknologi, Dua Tuas UMKM Naik Kelas

Tantangan pelaku UMKM ke pasar global, menurut Teten, bertambah di masa pandemi ini. Beberapa tantangan itu yakni tarif pengiriman barang selama masa pandemi naik hingga 30-40 persen, serta berkurangnya volume ekspor-impor sehingga terdapat pengurangan jadwal kapal dan penerbangan internasional.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *