in ,

Menkop Ungkap Solusi Tingkatkan Ekspor UMKM

“Pendeknya, sekarang ini sistem logistik dunia sedikit terganggu. Untuk mengatasi kendala biaya logistik, kami telah bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia, kami juga mendukung para UMKM untuk melaksanakan ekspor tidak hanya secara mandiri menggunakan kontainer, tetapi juga penjualan langsung melalui marketplace seperti Amazon, Lazada, dan platform lainnya,” urainya.

Masalah lain yang juga tengah menjadi fokus pemerintah yakni lemahnya riset dan pengembangan pada produk UMKM. Untuk itu, melalui kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mahasiswa dan UMKM bisa melakukan riset di kampus-kampus untuk mengembangkan produk-produk UMKM yang inovatif sehingga bisa berdaya saing.

Tak hanya itu, di tahun ini pemerintah juga akan mengimplementasikan rumah produksi bersama supaya UMKM bisa mulai memanfaatkan teknologi modern dalam proses produksi yang tak bisa dimiliki orang per orang.

Baca Juga  Bagaimana Dampak Krisis Energi Dunia pada Indonesia?

“Terkait pengembangan kapasitas usaha termasuk penerapan teknologi modern supaya produk UMKM punya daya saing, di tahun ini kami akan ada rumah produksi bersama yang akan kita bangun,” ucapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *