in ,

Menkop Ungkap Solusi Tingkatkan Ekspor UMKM

Pemerintah, lanjut Teten, juga sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewirausahaan. Harapannya, dengan adanya Perpres ini Indonesia bisa mencetak wirausaha baru yang unggul, baik wirausaha yang sudah existing maupun wirausaha muda dari kalangan mahasiswa.

“Kami fokus menyiapkan UMKM masa depan dari anak muda yang terdidik. Karena, persaingan di masa depan akan dimenangkan oleh mereka yang kreatif, inovatif, dan adaptable terhadap penerapan teknologi. Jadi pendekatan kami nantinya inkubasi, bukan birokrasi,” kata Teten.

Upaya lainnya yakni, Kemenkop UKM bersama Sekolah Ekspor telah menyusun kurikulum dan modul pelatihan UKM ekspor untuk memberikan pendampingan kepada UKM potensial ekspor. Selain itu, telah diadakan seri pelatihan bagi pelaku UKM ekspor yang telah dilaksanakan secara perdana sebanyak tiga kali melalui kelas luring, pada tanggal 2-4 April di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga  Program Akomodasi Nakes Reaktivasi Sektor Pariwisata

Pelatihan dan implementasi pendampingan UKM ekspor juga dilakukan bekerja sama dengan asosiasi profesi, asosiasi eksportir, serta asosiasi produsen. Termasuk melalui series konferensi secara daring ini.

“Saya berharap melalui serial konferensi 500 ribu eksportir baru ini, dapat efektif merajut ekosistem pengembangan ekspor UKM Indonesia,” tegasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *