in ,

Menkominfo Dorong Transformasi Digital BUMDes UMKM

Menkominfo Dorong Transformasi Digital BUMDes UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkapkan, langkah nyata pemerintah dalam melakukan percepatan transformasi digital salah satunya untuk meningkatkan perekonomian nasional. Menurutnya, hal itu bertumpu pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), ultra mikro dan koperasi yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Transformasi digital pada sektor BUMDes, usaha mikro kecil, menengah, ultra mikro, dan tentunya koperasi yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia,” ungkapnya dalam Webinar Era Baru Transformasi Digital: Pengembangan Konektivitas Desa BUMDes dan UMKM.

Menurutnya, baik BUMDes, UMKM, ultra mikro dan koperasi saat ini mencatatkan kontribusi 61 persen dari total produk domestik bruto (PDB) nasional. Meskipun, masih 21 persen dari empat sektor tersebut yang melakukan digital on boarding.

“Jumlah ini masih cukup jauh di bawah rata-rata digitalisasi UMKM dan ultra mikro ASEAN yang pada kisaran 34 persen. Di saat yang sama, 60 persen UMKM ultra mikro di Australia telah memiliki digital presence atau sudah hadir digital on board, dan 54 persen UMKM Malaysia telah mengadopsi teknologi digital,” tambahnya.

Baca Juga  Harga LPG Nonsubisidi Naik, Berikut Rinciannya

Kedepannya, pemerintah terus mendorong agar transformasi digital mampu menghasilkan 50 persen atau sekitar 30 juta dari 64 juta UMKM untuk on boarding ke sektor digital. Demikian juga dengan mengajak serta ekosistem BUMDes dan koperasi.

Menteri Johnny menjelaskan bahwa agenda akselerasi transformasi digital dilakukan demi mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. Pada tahun 2020, valuasi ekonomi digital nasional tercatat sebesar 44 miliar dollar AS, nilai tersebut berkontribusi 40 persen dari total valuasi ekonomi digital di Asia Tenggara.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *