in ,

Telkom Akselerasi Digitalisasi di Indonesia Timur

Telkom Akselerasi Digitalisasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Akselerasi digitalisasi di Indonesia semakin cepat seiring adanya pandemi COVID-19. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pun terus mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Selain dengan membangun berbagai infrastruktur penopang digitalisasi seperti pusat data (data center) dan komputasi awan (cloud), Telkom melalui brand Leap-Telkom Digital (Leap) mengakselerasi digitalisasi di kawasan timur Indonesia.

Untuk mendukung aktivitas pemerintahan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Sorong, Papua, misalnya, Telkom melaksanakan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kota Sorong, untuk memperkenalkan produk dan layanan digital unggulan Leap. Layanan yang dimaksud antara lain Telkomsat, Logee, BigBox, dan PaDi UMKM.

Leap merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga  Anggaran Pemilu dan Pilkada 2024 Capai Rp 110,4 T

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid menyampaikan, baru-baru ini Telkom juga memperkuat layanan internet dengan layanan satelit melalui Mangoesky, VSAT IP, VSAT IP Broadband, dan TSAT Zone oleh Telkomsat. Ia menyebut, layanan Telkomsat cocok dengan wilayah Papua Barat.

“Ke depannya kami juga akan terus mendukung visi pemerintah yaitu Satu Data Indonesia melalui BigBox, untuk integrasi data nasional yang lebih baik. Dari sektor perekonomian, kami juga akan membantu pelaku usaha terutama UMKM di Sorong untuk memproduksi atau menjual barangnya melalui PaDi UMKM dan SooltanPay dengan BUMN,” ujar Fajrin dalam keterangan tertulis Kamis (31/3/22).

Menurut Fajrin, PaDi UMKM dan SooltanPay selama bulan Maret ini telah mengajak lebih dari ratusan UMKM di Sorong dan Manokwari untuk go online, dengan total transaksi mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga  Kerja Sama Pengembangan SDM Industri Otomotif

Dari sisi infrastruktur, Telkomsat menjadi salah satu penyelenggara jaringan berbasis satelit dari hulu sampai hilir yang dapat berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi nasional. Telkomsat saat ini mengoperasikan dua satelit, yaitu satelit Telkom-3S dan satelit Merah Putih, serta mengoperasikan lebih dari puluhan ribu remote di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai informasi, digitalisasi Indonesia diperkirakan dapat mendorong peningkatan produktivitas nasional hingga 120 miliar dollar AS pada 2025 mendatang. Ada banyak manfaat yang dibawa digitalisasi untuk berbagai sektor, seperti membuka lebih banyak peluang kerja, menciptakan efisiensi dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan akses masyarakat untuk mendapat layanan terbaik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0