in ,

Telkom Gratiskan Akses Big Data BigBox bagi Startup

Telkom Gratiskan Akses Big Data BigBox bagi Startup
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) akan memberi layanan gratis big data BigBox kepada startup lokal, khususnya yang baru mulai berdiri. Hal itu dilakukan perseroan untuk mendukung pengembangan industri digital di tanah air.

Deputy EVP Digital Business Builder Telkom Komang Budi Aryasa menjelaskan, perseroan berencana membuka platform big data BigBox secara gratis untuk startup yang baru dibangun, sampai nantinya perusahaan rintisan itu mampu untuk membayar langganan. BigBox merupakan platform big data yang diinisiasi oleh Telkom sejak 2017 lalu.

“Kami punya rencana untuk memberikan versi gratis dari platform BigBox dan memberikan kredit bagi startup atau UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Telkom akan memindahkan sebagian platform BigBox ke cloud, sehingga memungkinkan memberikan versi gratis. Harapannya, tahun ini kami akan finalisasi,” kata Komang dalam acara bertajuk Big Data, Winning Your Business with Modern End to End Big Data Platform, pada (9/1).

Baca Juga  Penyaluran KUR Pertanian Telah Mencapai Rp 42,7 Triliun

Platform big data merupakan salah satu bidang garapan baru Telkom yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terkemuka. Komang mengatakan, melalui BigBox, Telkom memberikan platform big data end-to-end dengan rangkaian layanan, mulai dari pengumpulan data acak, analisis real time, memberikan prediksi dan insight, hingga menyediakan aplikasi bagi pelanggannya. Saat ini layanan BigBox telah digunakan oleh sejumlah industri di tanah air, seperti otomatisasi pabrik PT Kimia Farma Tbk, hingga monitoring di sebuah perusahaan peternakan ayam.

“Big data sendiri dipandang sebagai cara yang tepat bagi perusahaan atau pemerintah untuk membuat keputusan berbasis data. Di Indonesia, menurut laporan pada 2020 lalu, market size platform big data diperkirakan mencapai 725 juta dollar AS pada 2025,” kata Komang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0