in ,

Empat Topik Penting Presidensi G20 Indonesia

Empat Topik Penting Presidensi
FOTO: IST

Pajak.com, Jerman – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyoroti empat topik penting yang didiskusikan dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni agenda kesehatan, transformasi ekonomi digital, perpajakan internasional, dan transisi energi.

Menurutnya, hubungan antara keuangan dan kesehatan sangat penting dan berkaitan. Seluruh negara di dunia harus bersama-sama bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19, termasuk di Indonesia. Upaya untuk pulih dari pandemi di bidang kesehatan salah satunya dilakukan melalui penyediaan vaksin, baik melalui impor maupun produksi dalam negeri.

“Kami melakukan yang terbaik untuk memastikan ketersediaan vaksin di seluruh Indonesia dan tidak semudah itu untuk melakukan vaksinasi. Target kami sangat besar, sekitar 120 juta orang untuk divaksinasi dari 270 juta lainnya. Itu tahun lalu. Saat ini, kami senang bahwa 90 persen penduduk Indonesia yang memenuhi syarat telah divaksinasi. Kita harus memulihkan ini bersama-sama,” ungkapnya dalam keynote speech pada Global Solution Summit 2022 di Berlin, Jerman, dikutip dari laman Kemenkeu.go.id pada Rabu (30/03).

Baca Juga  Dukung PPKM Darurat, Destinasi Wisata Tutup Sementara

Di sisi lain, transformasi ekonomi digital juga sangat penting dilakukan dan akan menjadi agenda yang ditekankan pada Presidensi G20 Indonesia. Terkait perpajakan internasional, Suahasil menambahkan bahwa base erosion and profit-shifting menjadi inisiatif yang efektif untuk mengatur ulang aturan pajak internasional agar sesuai dengan kondisi ekonomi global.

“Inisiatif base erosion profit-shifting adalah konsensus yang dibuat berdasarkan instruksi pertemuan G20. Kami percaya bahwa G20 harus berlanjut sebagai platform untuk membangun konsensus di antara negara-negara berdaulat. Oleh karena itu, Indonesia akan terus mendukung inisiatif perpajakan internasional,” tambahnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0