in ,

Luhut: Cegah Omicron, Segera Antigen/PCR Bila Flu Batuk

Luhut: Cegah Omicron, Segera Antigen/PCR Bila Flu Batuk
FOTO: Konpers PPKM

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk segera melakukan pemeriksaan tes antigen maupun polymerase chain reaction (PCR) apabila merasakan gejala flu dan batuk. Imbauan ini untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya varian Omicron yang saat ini jumlah kasusnya terus meningkat menjadi 2.156. Secara mingguan, kasus Omicron itu tumbuh 71,79 persen. Adapun kasus kematian akibat Omicron berjumlah 5 orang.

“Kasus kematian harian di Jawa-Bali meningkat didorong oleh Provinsi DKI Jakarta. Sementara wilayah lain di Jawa-Bali masih dalam keadaan cukup rendah. Pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk segera melakukan pemeriksaan tes antigen maupun PCR apabila merasakan gejala flu dan batuk. Hal ini dilakukan semata-mata untuk dapat segera mengetahui kondisi pasien, melakukan perawatan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Luhut dalam Konferensi Pers Virtual Evaluasi PPKM, (31/1).

Baca Juga  Forbes: Lima Bidang Pekerjaan Paling Dibutuhkan di 2022

Ia mengungkap, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dari 27 pasien yang mengalami gejala berat atau sedang, 59 persen diantaranya memiliki komorbid, 30 persen lansia, dan 63 persen belum vaksin lengkap.

“Jadi, bagi Anda yang belum divaksin, Anda menjadi sasaran cukup hebat dari Omicron ini. Anda yang belum divaksin lengkap itu mempunyai peluang untuk dapat mengalami hal yang sangat tidak baik. Kalau terjadi sama saudara-saudara yang tidak patuh, saya pikir Anda sendiri harus bertanggung jawab pada diri sendiri, ” kata Luhut.

Dengan demikian, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi vaksinnya. Begitu pula dengan masyarakat yang telah mendapatkan tiket booster, dianjurkan segera mendatangi penyelenggara vaksin yang telah disiapkan pemerintah.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0