in ,

Penularan Omicron Meningkat, Jokowi Imbau Prokes

Penularan Omicron Meningkat, Jokowi Imbau Prokes
Konpres Jokowi OMICRON

Pajak.com, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap, kasus penularan COVID-19 varian Omicron akan terus meningkat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, pasien yang sudah terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron di Indonesia sampai tanggal 26 Januari 2022 berjumlah 1.988. Adapun jumlah kasus aktif COVID-19 mencapai 35.704 kasus aktif hingga 27 Januari 2022. Jokowi mengimbau seluruh masyarakat tidak panik, namun tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan kurangi aktivitas yang tidak perlu.

“Saat ini kita menghadapi lonjakan kasus harian COVID-19, utamanya pada varian Omicron. Dan kenaikan ini diperkirakan masih akan terus meningkat dalam beberapa minggu ke depan. Saya minta bapak, ibu, saudara-saudara sekalian tetap tenang, tidak panik, laksanakan selalu protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu. Saya mengajak saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, (28/1).

Baca Juga  Pemerintah Pacu Sumber Pertumbuhan Ekonomi

Ia memastikan, Indonesia telah belajar dari lonjakan kasus varian Omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, sehingga pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya. Kemenkes menyiapkan tempat tidur perawatan di rumah sakit sebanyak 70.641. Sehingga kapasitas tempat tidur secara nasional kini berjumlah 120 ribu–130 ribu.

“Perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan disesuaikan dengan karakter varian Omicron yang berbeda dengan sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Salah satunya melalui layanan telemedisinaplikasi layanan kesehatan,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *