in ,

Lima Tip Meningkatkan Kompetensi SDM di Perusahaan

Kedua, secara berkala, perusahaan harus memberikan  program pelatihan untuk para karyawan akan membantu meningkatkan skill karyawan. Program pelatihan disusun berdasarkan rencana kerja perusahaan agar tepat sasaran atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain melakukan program pelatihan atau training, perusahaan juga bisa mengadakan cross-training antarkaryawan. Dengan cara ini perusahaan tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Mereka hanya perlu mengizinkan karyawan untuk bertukar pikiran dan mengajari satu dengan yang lain.

Ketiga, lakukan uji kompetensi SDM. Untuk melihat sejauh mana kemampuan para karyawan perusahaan perlu melakukan uji kompetensi. Ini bisa menjadi langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja karyawan. Perusahaan dapat melakukan uji dengan pihak perusahaan sendiri maupun menggunakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah di akreditasi.

Baca Juga  Jurus BI Jaga Stabilitas Ekonomi dan Sistem Keuangan

Keempat, perusahaan harus memberikan fasilitas untuk menunjang kompetensi karyawan. Meskipun kemampuan SDM sangat bagus, tanpa fasilitas penunjang kerja yang memadai hasilnya tidak akan efektif. Dengan fasilitas yang mendukung maka produktivitas karyawan pun akan meningkat. Misalnya, koneksi internet yang lambat atau komputer yang sering eror sudah pasti akan mempersulit karyawan untuk bekerja lebih produktif.

Kelima, perusahaan jangan pelit apresiasi. Setiap orang akan sangat merasa dihargai jika diberikan apresiasi. Dengan apresiasi, kinerja karyawan tentu akan menjadi lebih baik lagi. Memberikan apresiasi bisa beragam bentuk dan cara. Tidak selalu dalam bentuk uang. Misalnya hadiah kecil yang unik dan menarik, tiket liburan, promosi jabatan, insentif tambahan dan lain-lain. Apresiasi ini juga penting dilakukan untuk menjaga kondisi psikis karyawan agar tetap dalam keadaan baik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *