in ,

Kolaborasi Tiga BUMN Tingkatkan Layanan Penyeberangan

“Alhamdulillah, kerja sama dan sinergi ini dapat terwujud berkat dukungan regulator Kementerian BUMN dan juga Kemenhub, yang tentunya dengan semangat untuk terus menjaga keterhubungan seluruh wilayah Indonesia melalui layanan transportasi yang bermutu prima,” katanya.

Menurutnya, ASDP sepakat menjalin kerja sama strategis dengan Pelindo terkait pengoperasian dermaga Pelabuhan Ciwandan dan Panjang milik Pelindo sebagai alternatif pelabuhan untuk mengantisipasi layanan angkutan Lebaran, Natal dan Tahun Baru, serta kegiatan nasional lainya sesuai dengan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.

“Kerja sama ini tentu berangkat dari suksesnya inisiasi Kemenhub dalam pengoperasian Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif yang membantu mengurai kepadatan saat Angkutan Lebaran 2022 kemarin. Selanjutnya, kami berharap rencana kerja sama ini dapat segera berlanjut ke tahap PKS, dan selain dapat mendukung kelancaran layanan penyeberangan dan pelabuhan bagi masyarakat, tetapi juga meningkatkan keunggulan layanan baik dari ASDP dan Pelindo,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah Tengah Kaji Kenaikan Pertalite dan LPG 3 Kg

Selain itu, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menyampaikan bahwa pihaknya telah menyepakati pemanfaatan dermaga Pelindo khususnya Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif untuk mengantisipasi arus Lebaran, Natal dan kebutuhan lainnya sesuai arahan Pemerintah yang secara formal dituangkan dalam MoU ini.

Terkait pemanfaatan aset, rencananya diimplementasi pada Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dari Pelindo di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Bitung oleh ASDP, yang kedepan akan dilakukan pengembangan lanjutan sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *