in ,

KKP Ajak Generasi Muda Kembangkan Ekonomi Biru 4.0

KKP Ajak Generasi Muda Kembangkan Ekonomi Biru 4.0
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak generasi muda untuk kembangkan konsep ekonomi biru dengan menyelenggarakan Blue Economy 4.0 Training Series, bertajuk “Blue Economy Business, Sustaining Our Seas”.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Blue Economy 4.0 Training Series yang merupakan kerja sama antara Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan (BRSDM) KKP dengan Maritim Muda Nusantara, yang mengambil tema ‘Pengenalan Bisnis dan Investasi Ekonomi Biru 4.0’,” ungkap Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12).

Menurutnya, generasi muda Indonesia memiliki peran besar dalam upaya mengenalkan dan menerapkan ekonomi biru dimulai dari lingkungan sekitarnya. Sebagaimana generasi muda bertanggungjawab dalam meningkatkan daya saing bangsa dan kemandirian ekonomi bangsa.

Baca Juga  Menves Bahlil Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha

“Peran pemuda tentunya sangatlah penting dalam upaya menyukseskan program-program pemerintah. Generasi muda saat ini juga menjadi salah satu kunci dari keberhasilan ekonomi di Indonesia,” katanya.

Dalam pelaksanaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta peningkatan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat, ia mengatakan bahwa saat ini KKP tengah menginisiasi tiga program terobosan. Pertama, penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap wilayah pengelolaan perikanan untuk keberlanjutan ekologi. Kedua, pengembangan perikanan budidaya berbasis pada ekspor dengan empat komoditas unggulan di pasar global, yaitu udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

Lebih lanjut Trenggono menyampaikan, generasi muda memiliki kelebihan berupa mampu berpikir out of the box, sehingga dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai. Untuk itu, ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda serta memiliki sikap dalam membangun dan mengelola bisnis ekonomi biru 4.0 di Indonesia.

Baca Juga  Skema Ponzi ada di Pasar Kripto, Investor Harus Waspada

“Implementasi ekonomi biru ini sangat penting dalam transformasi tata kelola perikanan yang akan menjadi legacy bagi generasi mendatang, di mana kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan harus berlandaskan pembangunan ekonomi biru, sebagaimana tuntutan pembangunan global,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Maritim Muda Nusantara Kaisar Akhi menjelaskan, generasi muda sudah sepantasnya menjadi Pemuda Ekonomi Biru 4.0 dalam rangka menjalankan perannya sebagai agen perubahan dan memenuhi tanggung jawab untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi bangsa. Hal itu dapat dilakukan melalui pemanfaatan sumber daya kelautan yang melimpah secara berkelanjutan dengan menerapkan teknologi industri 4.0 untuk mewujudkan visi Indonesia Maju dan Indonesia Poros Maritim Dunia.

Baca Juga  Kemenkeu: BUMN Penerima PMN Wajib Teken KPI

“Harapannya, dengan adanya ekonomi biru dapat mengurangi kerusakan ekosistem, mengurangi kelangkaan ekologi, meningkatkan inklusi sosial, meningkatkan lapangan pekerjaan yang berkualitas, ketahanan pangan, dan investasi di bidang maritim,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0