in ,

Riset dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan

Riset dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Riset inovatif dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul menentukan keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia. Menyadari hal itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan SDM dan riset yang inovatif untuk pembangunan nasional, khususnya sektor kelautan.

Upaya ini dilakukan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM). Badan ini memiliki fungsi strategis dalam menyediakan dasar ilmiah dan sumber daya manusia kompeten dalam implementasi tiga kebijakan dan program prioritas KKP di bawah prinsip keseimbangan ekonomi dan ekologi yakni ekonomi biru.

Plt. Kepala BRSDM Kusdiantoro mengatakan, BRSDM dengan jumlah pegawai terbanyak, mencakup 40 persen dari seluruh pegawai KKP dengan 41 Unit Pelaksana Teknis (UPT) membidangi riset kelautan, riset perikanan, riset pengolahan produk dan bioteknologi serta riset sosial ekonomi KP, pendidikan serta pelatihan dan penyuluhan Kelautan Perikanan (KP) yang mendukung terwujudnya program prioritas KKP yang digaungkan Menteri Sakti Wahyu Trenggono.
“Riset inovatif yang menjadi fokus BRSDM turut terlaksana guna mendukung penguatan ketahanan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Sri Mulyani Siapkan APBN Tangani Erupsi Gunung Semeru

Sedangkan penguatan SDM terlaksana sebagai modal utama pembangunan nasional yang akan meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional,” tutur Kusdiantoro dalam keterangan di Jakarta Rabu (15/12/21).

Kusdiantoro melaporkan, di bawah Pusat Riset Kelautan (Pusriskel), selama tahun 2021, BRSDM telah melaksanakan serta menghasilkan beragam program inovasi. Misalnya, riset inovasi penerapan teknologi adaptif lokasi berupa Teknologi Pengolahan Garam Rekristal skala rumah tangga, untuk meningkatkan produktivitas industri garam masyarakat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings