in ,

Kemenperin Dorong Penyerapan Tembakau Lokal

Terkait mengantisipasi kendala penyerapan tembakau lokal saat panen raya, Putu bersama jajarannya juga melakukan assessment ke lapangan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan merumuskan solusi yang tepat ke depannya. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat penyerapan tembakau, menaikkan harga tembakau agar petani tidak mengalami kerugian dan menjamin bahan baku yang berkualitas bagi sektor IHT.

“Saya berharap, sebelum musim penghujan tiba, tembakau-tembakau di petani sudah terserap, tentu saja dengan harga yang bagus. Karena saya khawatir, kalau musim penghujan tiba dan tembakau belum semuanya terserap, kualitas tembakau akan menurun yang berdampak harga tembakau juga akan turun,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Putu menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan beberapa stakeholder terkait. Mulai dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, pemerintah daerah, serta para pelaku usaha IHT untuk mencari alternatif solusi jangka menengah dan panjang sebagai upaya mengatasi permasalahan penyerapan tembakau yang terjadi setiap tahun pada panen raya tembakau.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

“Ke depannya diharapkan solusi yang dihasilkan dapat mengantisipasi terjadinya gejolak dari para petani yang selama ini terus berulang setiap tahun,” pungkasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *