in ,

Strategi Indonesia Wujudkan Transisi Energi dan Iklim

Strategi Indonesia Wujudkan Transisi Energi dan Iklim
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Major of Economies on Energy and Climate 2021 yang digelar secara virtual, pada (18/9). Di hadapan sembilan kepala negara lain dan sejumlah organisasi internasional, Jokowi mengungkapkan strategi komitmen Indonesia untuk mewujudkan transisi energi dan perubahan iklim global.

“Dunia tengah menghadapi situasi sulit dalam sejumlah sektor, termasuk sektor energi dan iklim. Dalam situasi sulit ini tidak dapat ditangani satu negara saja, melainkan dibutuhkan aksi bersama dalam skala global. Kredibilitas, khususnya aksi konkret, sangat krusial,” kata Jokowi.

Dalam forum, Jokowi mengungkapkan salah satu strategi Indonesia memujudkan transisi energi dengan menargetkan netral karbon (net zero) pada 2060, salah satunya dengan mengembangkan Green Industrial Park seluas 20 ribu hektare di Kalimantan Utara.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Di sektor energi, Indonesia telah mencanangkan transformasi menuju energi baru dan terbarukan (EBT) serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau.

“Untuk mewujudkan transformasi ini, kami telah menyusun strategi peralihan pembangkit listrik dari batu bara ke energi baru terbarukan, mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan yang didukung pelaksanaan efisiensi energi, meningkatkan penggunaan biofuels dan mengembangkan ekosistem industri kendaraan listrik,” kata Jokowi

Kendati demikian, Indonesia perlu menjalin kemitraan global untuk mewujudkan komitmen itu. Sebab bagi negara berkembang, transisi energi membutuhkan pembiayaan dan teknologi yang tidak murah.

“Kami membuka peluang kerja sama dan investasi bagi pengembangan bahan bakar nabati, industri baterai litium, kendaraan listrik, teknologi karbon, capture and storage, energi hidrogen, kawasan industri hijau, dan pasar karbon Indonesia,” kata Jokowi.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *