in ,

Pertamina Lakukan Percepatan Transisi Energi

Pertamina Lakukan Percepatan Transisi Energi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) berkomitmen melakukan percepatan transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT). Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, transformasi Pertamina harus dilakukan secara serius dan melibatkan program yang sangat masif. Saat ini Pertamina telah melakukan penurunan karbon emisi dalam 10 tahun terakhir sebesar 29 persen. Hal ini akan terus ditingkatkan, termasuk di sektor transportasi yang menyumbang 23 persen karbon emisi.

Nicke memaparkan, dalam percepatan transisi energi ini Pertamina bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah meresmikan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di MT Haryono dan Lenteng Agung.

“Pengoperasian SPKLU ini menjadi salah satu dukungan Pertamina bagi perkembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB),” tegas Nicke dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

Nicke menyebut, sektor transportasi tersebut harus menerapkan elektrifikasi. Karena itu, Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak. Untuk mendukung pemerintah mengembangkan industri mobil listrik, Pertamina juga turut mengembangkan ekosistem baterai listrik bersama-sama dengan BUMN lain dalam IBC (Indonesian Battery Corporation). Pertamina juga bekerja sama dengan pihak lain untuk swap battery yang diterapkan di beberapa daerah wisata dengan menyewakan kendaraan motor listrik.

Ditulis oleh

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *