in ,

PGE-BPPT Kembangkan Teknologi Panas Bumi Skala Kecil

PGE-BPPT Kembangkan Teknologi Panas Bumi Skala Kecil
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) terus menunjukkan komitmennya dalam pengembangan inovasi karya anak bangsa di bidang panas bumi atau geothermal. Terbaru, PGE bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan studi bersama penelitian sistem pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) skala kecil dengan kapasitas 3 megawatt di Kamojang, Jawa Barat.

Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PGE Tafif Azimudin mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen perusahaan mendukung pengembangan teknologi dalam negeri, khususnya pada energi panas bumi dalam skala kecil. Kerja sama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara PGE dan BPPT.

“Selama ini teknologi geothermal berasal dari luar negeri. Dengan MoU ini, maka PGE dan BPPT memiliki komitmen untuk membangun kemampuan teknologi small scale geothermal di Indonesia mengingat 40 persen cadangan panas bumi dunia ada di Indonesia,” kata Tafif dalam keterangan resminya, Selasa (28/9).

Baca Juga  Merah Putih Fund Siapkan Rp 4,3 T untuk Startup Lokal

Ia menyebut, ada dua ruang lingkup kerja sama ini yaitu pengujian kinerja (performance dan durability) PLTP 3 megawatt, termasuk sinkronisasi PLTP 3 megawatt ke jalur distribusi 20 kilovolt milik PT PLN (Persero).

“Yang lainnya adalah menjadikan PLTP 3 megawatt sebagai sarana penelitian dan capacity building bagi peneliti, dalam merealisasikan lapangan panas bumi Kamojang sebagai Geothermal Center of Excellence,” imbuhnya.

Dijelaskan Tafif, kegiatan ini difokuskan untuk mengembangkan sumber panas bumi di wilayah Indonesia khususnya small scale geothermal sehingga mendukung pemerintah dalam mencapai bauran energi sesuai dengan RUKL (Rencana Umum Ketenagalistrikan).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings