in ,

PGE-BPPT Kembangkan Teknologi Panas Bumi Skala Kecil

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 dan naik menjadi 31 persen pada 2050. Dalam pelaksanaannya, sambung Tafif, pemerintah juga terus menggenjot angka Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di setiap pembangkit listrik. Untuk itu, ia meyakini kerja sama dengan BPPT bisa menjadi jalan mulus dalam meningkatkan angka TKDN tersebut.

Di samping itu, dengan semakin bertambahnya komponen karya anak bangsa yang diimplementasikan di setiap pembangkit, Tafif memastikan hal itu secara langsung dapat menjadi titik loncat industri manufaktur di Indonesia.

“Tujuan lain dari program kerja sama dengan BPPT ini, yaitu mampu mendorong kemajuan industri manufaktur beserta komponen lainnya di dalam negeri ketika penelitian ini masuk dalam tahap komersial,” ujarnya.

Baca Juga  Wamenkeu: Hampir Semua Investor Eropa Tekankan Prinsip ESG dan Ekonomi Hijau 

Dia menambahkan, kerja sama ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab PGE dalam hal Environment, Social, and Governance (ESG). Khususnya dari sisi lingkungan, sebagai wujud dukungan PGE terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan energi panas bumi yang ramah lingkungan.

“Hal ini juga merupakan wujud memenuhi komitmen goal ke tujuh SDGs (Sustainable Development Goals), yaitu memastikan akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan, dan modern bagi semua (affordable and clean energy),” katanya.

Tafif juga bilang, PGE sebagai bagian dari Subholding PNRE selalu berkomitmen dalam pengembangan energi baru dan terbarukan sebagai energi masa depan.

“Melalui inovasi-inovasi yang dilaksanakan, kami sebagai subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) terus berupaya mendukung pemerintah dalam memenuhi target bauran energi yang tertuang di dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN),” tandasnya.

Baca Juga  Jokowi Apresiasi BRI dalam Pengembangan UMKM

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *