in ,

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Jadi Mitra Pembangunan

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Jadi Mitra Pembangunan Hijau
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengundang 40 pemimpin dunia untuk hadir secara virtual di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim (Leaders’ Summit on Climate Change) pada 22 dan 23 April 2021. KTT ini akan mempertemukan kembali Forum Ekonomi Utama tentang Energi dan Iklim yang dipimpin AS.

Forum itu menyatukan 17 negara yang bertanggung jawab atas sekitar 80 persen emisi global dan PDB global. Biden juga mengundang para kepala negara lain yang menunjukkan kepemimpinan iklim yang kuat, terutama yang rentan terhadap dampak iklim, atau sedang memetakan jalur inovatif menuju ekonomi net-zero emission.

KTT ini menyoroti urgensi dan manfaat ekonomi dari tindakan iklim yang lebih kuat. Ini juga akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) pada November mendatang di Glasgow.

Baca Juga  ESDM Naikkan Porsi EBT Sektor Ketenagalistrikan

Selain itu, KTT ini dimanfaatkan sebagai momentum untuk menguraikan bagaimana masing-masing negara akan berkontribusi pada ambisi iklim yang lebih kuat. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu pemimpin dunia yang hadir pada konferensi ini. Pada paparannya, Jokowi mengatakan bahwa Covid-19 juga resesi global membuat tantangan mengendalikan dampak perubahan iklim semakin kompleks.

Ia pun  menyatakan keseriusan Indonesia dalam pengendalian perubahan iklim dan mengajak dunia untuk melakukan aksi-aksi nyata, to lead by example. Sebagai negara kepulauan terbesar dan pemilik hutan tropis, Indonesia menangani perubahan iklim melalui kebijakan, pemberdayaan, dan penegakan hukum.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *