in ,

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Jadi Mitra Pembangunan

“Laju deforestasi Indonesia saat ini turun terendah dalam 20 tahun terakhir. Penghentian konversi hutan alam dan lahan gambut mencapai 66 juta hektare, lebih luas dari gabungan luas Inggris dan Norwegia. Penurunan kebakaran hutan hingga sebesar 82 persen di saat beberapa kawasan di Amerika, Australia, dan Eropa mengalami peningkatan terluas,” ujar Jokowi melalui video conference.

Ia pun menyambut baik adanya penyelenggaraan Konvensi Kerangka Perubahan Iklim ke-26 di Inggris untuk hasil yang implementatif dan seimbang, juga target sejumlah negara menuju net-zero emissions tahun 2050. Salah satu bentuk komitmen Indonesia dalam hal ini adalah pemutakhiran NDCs (nationally determined contributions) untuk meningkatkan kapasitas adaptasi dan ketahanan iklim.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

“Namun agar kredibel, komitmen tersebut harus dijalankan berdasarkan pemenuhan komitmen NDCs tahun 2030. Negara berkembang akan melakukan ambisi serupa, jika komitmen negara maju kredibel disertai dukungan riil. Dukungan dan pemenuhan komitmen negara-negara maju sangat diperlukan,” tegasnya.

Jokowi pun mengajak para pemimpin dunia untuk menjadi mitra Indonesia dalam pembangunan hijau. Indonesia, lanjut Jokowi, sedang mempercepat pilot percontohan net-zero emissions, antara lain dengan membangun Indonesia Green Industrial Park seluas 12.500 hektare di Kalimantan Utara akan menjadi yang terbesar di dunia, juga rehabilitasi hutan mangrove seluas 620 ribu hektare sampai 2024. Hutan ini diyakini menjadi terluas di dunia dengan daya serap karbon mencapai empat kali lipat dibanding hutan tropis.

Baca Juga  Jokowi Apresiasi BRI dalam Pengembangan UMKM

“Indonesia terbuka bagi investasi dan transfer teknologi, termasuk investasi untuk transisi energi. Peluang besar juga terbuka bagi pengembangan bahan bakar nabati, industri baterai litium, dan kendaraan listrik,” imbuhnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *