in ,

Indonesia dan Inggris Pimpin Forum FACT

Indonesia dan Inggris Pimpin Forum FACT
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta Indonesia berkesempatan memimpin forum dialog Forest, Agriculture and Commodity Trade (FACT) sebagai co-chair bersama Inggris pada KTT Perubahan Iklim COP26 di Inggris. Forum tersebut merupakan salah satu side event yang akan diselenggarakan sepanjang tahun dalam rangkaian kegiatan menuju Sidang Perubahan Iklim COP26 yang agenda puncaknya akan diadakan pada bulan November 2021 di Glasgow, Inggris.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, forum dialog ini bertujuan untuk menjadi wadah kolaborasi, baik bagi negara-negara produsen maupun konsumen dalam mempromosikan perdagangan komoditas dan pembangunan sembari menguatkan perlindungan terhadap lingkungan dan hutan. Conference to The Parties (COP) merupakan konferensi pengambilan keputusan tertinggi terkait Konvensi Kerangka Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nation Framework Convention on Climate Change – UNFCCC).

Baca Juga  Pembentukan Badan Pangan Perlu Dibarengi Kewenangan

“Pertemuan perdana tingkat menteri ini memberi kesempatan kepada Indonesia untuk melakukan dialog terbuka antara negara-negara produsen dan konsumen dalam masalah keberlanjutan guna mempromosikan dan meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial serta perlindungan lingkungan,” kata Airlangga pada siaran pers Jumat, (16/4/21).

Di tengah banyaknya kebijakan perdagangan yang restriktif dari negara-negara Eropa, melalui forum ini Indonesia bertekad untuk menunjukkan komitmen kuat dalam menjaga keseimbangan antara perlindungan lingkungan dan pembangunan ekonomi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Airlangga mengatakan, Indonesia telah mengambil langkah-langkah konkret sebagai negara pertama yang mengimplementasikan Voluntary Partnership Agreement (VPA) on Forest Law Enforcement, Governance and Trade (FLEGT) bersama Uni Eropa dan Inggris. Indonesia juga telah melakukan penguatan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0