in ,

KEK Tanjung Lesung akan Tarik Investasi Rp 92,4 triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung akan Tarik Investasi Rp 92,4 triliun
FOTO : IST

Pajak.com, Banten – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung pengembangan infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten, karena akan mendongkrak kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara keseluruhan.

Sandi mengemukakan, Tanjung Lesung merupakan merupakan kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata pertama dari 10 KEK di Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mulai beroperasi sejak Februari 2015. Kala itu, Jokowi menargetkan percepatan aksesibilitas dari Jakarta ke Tanjung Lesung dengan membangun jalan tol baru Serang-Panimbang sepanjang 84 km.

Pengembangan jalan tol Serang-Panimbang ini dilakukan oleh PT Banten West Java. Seksi I direncanakan beroperasi pada pertengahan 2021 dengan jalan tol sepanjang 26 km, dan diproyeksikan pada 2022 jalan tol tersebut sudah dibuka hingga Panimbang. Jadi, dari Jakarta ke Tanjung Lesung diperkirakan hanya ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Baca Juga  Pemerintah dan KPK Perkuat Sistem Pencegahan Korupsi

“Hal ini sesuai dengan konsep tren baru wisata yaitu localize, karena wisatawan akan lebih memilih destinasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Dan, Banten merupakan salah satu tujuan wisata yang dekat dengan wilayah Jabodetabek,” ujar Sandi saat kunjungan kerja ke Banten, Selasa (6/4).