in ,

Kasus Covid-19 Melonjak, PPKM Kembali Diperketat

Kasus Covid-19 Melonjak, PPKM Kembali Diperketat
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Kasus Covid-19 beberapa minggu terakhir menunjukkan lonjakan yang signifikan di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Pulau Jawa. Berdasarkan data kasus harian dari Satgas Covid-19 pada 15 Mei 2021, angka penambahan kasus mencapai 2.385 kasus. Sedangkan pada 15 Juni 8.161 kasus, dan pada 17 Juni 12.624 kasus. Sehingga jika data 17 Juni dibandingkan dengan data 15 Mei terdapat kenaikan kasus sebanyak 500 persen.

Sementara itu, data dari Dinkes DKI Jakarta, bed occupation rate (BOR) untuk ruang isolasi dan ICU rumah sakit saat ini sudah hampir penuh. Data dari tanggal 17 Juni 2021 tercatat sekitar 8.000 tempat tidur isolasi yang tersedia sudah terisi 84 persen. Sedangkan ruang ICU sudah terisi 74 persen.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Untuk menekan lonjakan kasus Covid-19, Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan penguatan implementasi PPKM berskala mikro dan percepatan vaksinasi. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin setelah mengikuti rapat terbatas secara virtual dengan Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian, Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri, Senin (21/6/2021).

Budi menjelaskan, dalam pelaksanaan penguatan PPKM mikro, mobilitas masyarakat akan dibatasi sebesar 75 hingga 100 persen di daerah zona merah. Pembatasan mobilitas ini tergantung pada kondisi daerah dan jenis kegiatan masyarakatnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *