in ,

KADIN Sebut Tiga Tantangan Pertumbuhan Ekonomi

KADIN Sebutkan Tiga Tantangan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid menyoroti tiga tantangan yang dihadapi Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yakni dari sisi ketangguhan, produktivitas, dan pembenahan ekosistem.

Arsjad menjelaskan, meskipun ekonomi sudah mulai menunjukkan pemulihan dari dampak pandemi, Indonesia masih perlu membenahi tiga tantangan pertumbuhan ekonomi yang ada. Mulai dari sisi ketangguhan sistem kesehatan, KADIN Indonesia mencatat, biaya pengeluaran untuk perawatan kesehatan sebesar 2,9 persen dari produk domestik bruto (PDB). Angka ini merupakan yang terendah di antara negara-negara ASEAN.

“Persentase itu harus ditingkatkan agar Indonesia bisa lebih tangguh dari sisi kesehatan masyarakat yang berdampak pada sumber daya manusia berkualitas. Mengenai industri kesehatan, kita harus melakukan restrukturisasi industri kesehatan dan bersama-sama membangun industri kesehatan. Dan ini suatu opportunity bersama para pengusaha,” kata Arsjad dalam webinar Forum Dialog HUT 83 Sinarmas, pada (6/10).

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan Batas Harga Tertinggi RT-PCR

Selain itu, KADIN menilai, Indonesia masih perlu meningkatkan potensi energi baru terbarukan (EBT) yang akan menjadi sumber daya di masa depan. Saat ini Indonesia hanya bisa menangkap sekitar 2 persen potensi panas bumi, matahari, angin, dan air untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Dari sisi produktivitas, Arsjad juga menyoroti implementasi revolusi industri 4.0 baru diterapkan oleh 21 persen industri skala besar. Padahal di era seperti sekarang ini menuntut industri yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, Arsjad menilai, Indonesia perlu menambah pekerja di bidang teknologi informasi dan teknologi (TIK). Kalau itu tidak dilakukan, KADIN memprediksi Indonesia berpotensi kekurangan pekerja terampil dan semi terampil di bidang TIK sebanyak 9 juta orang pada tahun 2030.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *