in ,

Industri EBT Beri Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Industri EBT Beri Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Saat ini salah satu fokus pemerintah adalah mengembangkan industri energi baru terbarukan. Hal dibuktikan dengan program-program akselerasi ekonomi hijau sebagai strategi utama dalam transformasi ekonomi jangka menengah dan panjang. Apalagi di masa pandemi, transformasi ekonomi menjadi kunci percepatan pemulihan ekonomi sekaligus mendorong pertumbuhan pembangunan yang bersifat inklusif dan berkelanjutan. Terbukti, tahun lalu energi baru terbarukan (EBT) memberi kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi.

Tahun ini, pemerintah menargetkan, capaian investasi subsektor energi bersih sepanjang 2022 bisa mencapai 3,91 miliar dollar AS. Investasi ini diharapkan berada di sektor panas bumi dan aneka energi baru terbarukan, seperti air, angin, dan matahari.

Baca Juga  Indonesia Luncurkan Mekanisme Transisi Energi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 yang mencapai 3,69 persen (yoy) merupakan optimisme yang harus dibawa untuk program-program tahun 2022.

“PDB riil Indonesia sudah melewati level prapandemi, di mana kita sudah masuk pada upper middle income country dan dorongan positif juga datang dari sektor usaha yang terkait dengan energi baru dan terbarukan,” kata Menko Airlangga dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (24/2/22).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *