in ,

KADIN: KTT ASEAN Momentum Akselerasi Transisi Energi

KTT ASEAN
FOTO: IST

KADIN: KTT ASEAN Momentum Akselerasi Transisi Energi

Pajak.com, Nusa Tenggara Timur – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia sekaligus Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menilai, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 akan menjadi momentum untuk mengakselerasi transisi energi Indonesia serta menguatkan pariwisata dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Seperti diketahui, KTT ke-42 ASEAN 2023 akan diselenggarakan di Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur/NTT) pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

“Bu Retno (Menteri Luar Negeri) dalam keterangan pers sebelumnya sempat menyinggung bahwa nanti akan ada beberapa kesepakatan dalam pertemuan tersebut, salah satunya ekosistem kendaraan listrik. Saya melihatnya sebagai peluang bagi Indonesia untuk memimpin transisi energi di ASEAN,” ungkap Arsjad dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (29/4).

Seperti diketahui, dalam KTT ke-42 ASEAN 2023 akan ada pembahasan kerja sama ekonomi regional, termasuk mengenai pengembangan transisi energi, seperti Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam – Indonesia – Malaysia – Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

“Melalui KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo sudah ada beberapa hal yang nantinya akan disepakati, salah satunya mengenai ekosistem industri dan perdagangan kendaraan listrik di ASEAN. Kesepakatan tersebut diproyeksikan dapat berkontribusi untuk upaya dekarbonisasi di ASEAN, di mana saat ini kawasan ASEAN menyumbang 8 persen emisi karbon dunia. Kesepakatan ekosistem kendaraan listrik di ASEAN akan sangat mendorong pertumbuhan ekonomi ASEAN dan mendorong komitmen net zero yang dapat menarik investasi dalam hilirisasi ekosistem industri EV (electric vehicle),” ungkap Arsjad.

Selain itu, akan digelar juga ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN-BAC yang menjadi wadah dialog antara pemerintah dan swasta di kawasan Asia Tenggara. Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF) telah menyiapkan 1.156 kamar dari 22 hotel dan resort di Labuan Bajo sebagai tempat menginap delegasi dan panitia nasional KTT ke-42 ASEAN 2023.

Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

“Pemerintah juga telah melatih 112 UMKM Labuan Bajo dalam melakukan pemasaran digital serta pemasaran desa wisata didampingi Bank Indonesia. UMKM ini tersebar di beberapa kabupaten, salah satunya Manggarai Barat. Selain pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta juga turut berkontribusi dalam pengembangan ekosistem UMKM dan pariwisata. Pembangunan infrastruktur seperti Kawasan Waterfront Marina, Tana Mori, hingga Puncak Waringin menjadi contohnya,” kata Arsjad.

Dengan demikian, KTT ke-42 ASEAN 2023 akan sangat berdampak bagi perputaran ekonomi Labuan Bajo. BPOPLBF memprediksi peningkatan kunjungan wisatawan dan perputaran uang yang beredar akan setara dengan pelaksanaan MotoGP Mandalika pada tahun 2022.

“Karena akan ada kunjungan 11 kepala negara ASEAN akan membawa 550 delegasi. Selain itu, ada juga panitia dan pegawai dari K/L (kementerian atau lembaga) terkait, kira-kira sebanyak 300-500 orang, ditambah lagi dengan pasukan pengamanan sebanyak 1.300 orang. Banyaknya jumlah delegasi, panitia, dan petugas keamanan akan berdampak pada perputaran perekonomian yang diperkirakan akan mencapai Rp 5 triliun,” ungkap Arsjad.

Baca Juga  Ini Pembahasan Pertemuan Sri Mulyani dan AHY

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *