in ,

Indonesia Siap Selenggarakan KTT ke-42 ASEAN

Indonesia Siap Selenggarakan KTT ke-42 ASEAN
FOTO: IST

Indonesia Siap Selenggarakan KTT ke-42 ASEAN

Pajak.com, Nusa Tenggara Timur – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau sejumlah persiapan menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10-11 Mei 2023. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi memastikan, Indonesia siap selenggarakan KTT ke-42 ASEAN.

“Semua persiapan baik substansi maupun nonsubstansi kita lakukan pengecekan pada hari ini secara detail langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan per hari ini kita dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track,” ungkap Retno usai lakukan peninjauan di Labuan Bajo, dikutip Pajak.com (26/4).

Terkait substansi, akan ada 8 pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN (10-11 Mei 2023). Dari 8 pertemuan tersebut, 5 pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya digelar di hari kedua.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

“Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Sementara di hari kedua ada 3 pertemuan, 2 diantaranya dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Sementara 1 pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin oleh perdana menteri Malaysia,” kata Retno.

Selain itu, Jokowi dan jajaran juga meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan digunakan untuk beberapa kegiatan KTT ke-42 ASEAN, mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Sedangkan terkait Bandar Udara (Bandara) Komodo, Retno melaporkan bahwa saat ini sudah terdapat 2 jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

“Jadi, persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi pengecekan dilakukan secara detail,” ucap Retno.

Selanjutnya, terkait kesiapan hotel-hotel yang akan digunakan oleh para kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, Jokowi menekankan pentingnya kenyamanan bagi para leaders. Retno menuturkan, Jokowi juga ingin agar penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan tentunya untuk dunia,” tambahnya.

Ia optimistis Keketuaan ASEAN yang dipegang oleh Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Pemerintah Indonesia meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi, bismillah, mudah-mudahan gawe besar kita sebagai ketua ASEAN dengan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dapat berjalan dengan lancar, mohon doanya,” kata Retno.

Dalam peninjauan, Jokowi dan Retno didampingi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, serta Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Sebelumnya, Retno menuturkan, stabilitas keuangan kawasan merupakan salah satu topik yang akan dibahas di bawah pilar epicentrum of growth KTT ke-42 ASEAN. Negara ASEAN menyepakati penggunaan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan mekanisme pembayaran di kawasan.

“Dalam pertemuan menkeu (menteri keuangan) dan bank sentral ASEAN, disepakati komitmen ASEAN untuk menggunakan mata uang lokal dan perluasan konektivitas mekanisme pembayaran (regional payment connectivity) guna memperkuat stabilitas keuangan di kawasan,” kata Retno

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *