in ,

Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Terapkan Industri 4.0

Hingga tahun 2021, Kemenperin telah melaksanakan sejumlah program untuk mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0 di sektor IKFT. Program itu antara lain assessment Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), pelaksanaan roadmap implementasi dan adopsi teknologi Industri 4.0 sektor tekstil dan busana, perbaikan alur aliran material sektor industri petrokimia, serta pendirian pilot project Industri TPT 4.0.

“Kami juga menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Training Manajer Transformasi serta pembangunan Indonesia Smart Textile Industry Hub (ISTIH),” ujar Khayam.

Di sisi lain, Kemenperin juga menyediakan fasilitas restrukturisasi industri tekstil, kulit, dan alas kaki melalui peremajaan mesin atau peralatan agar menggunakan teknologi yang lebih modern; penyusunan model arsitektur implementasi Industri 4.0; dan penerapan lean management di subsektor IKFT.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Khayam menyebut, pada 2020 lalu, terdapat tujuh perusahaan di sektor IKFT yang mendapatkan penghargaan INDI 4.0 dan satu perusahaan mendapatkan predikat National Lighthouse Industry 4.0. Delapan perusahaan di sektor IKFT itu juga mendapat angka INDI 4.0 lebih dari 3 yang menunjukkan tahap kesiapan matang.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *