in ,

Anggaran Rp 11 Triliun Untuk Program Kartu Prakerja 2022

Anggaran Rp 11 Triliun Untuk Program Kartu Prakerja 2022
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 11 triliun untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2022. Jumlah itu merupakan 4,3 persen dari anggaran perlindungan sosial tahun depan.

Febrio bilang, Anggaran dan Program Kartu Prakerja 2022 merupakan inisiatif strategis pemerintah dan penanganan Covid-19 karena tidak hanya menjadi sarana transfer dana dari pemerintah ke masyarakat, tetapi menawarkan skill development sebagai pondasi meraih kesempatan kerja yang lebih luas.

“Seringkali para pekerja kesulitan mendapatkan pekerjaan dikarenakan kompetensi yang diperoleh dari lembaga pendidikan belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Untuk menjembatani ini, pemerintah berupaya memberikan keterampilan bagi angkatan kerja kita sehingga labor market akan menjadi lebih sehat dan lebih fleksibel,” ungkap Febrio dalam webinar bertajuk Diseminasi Hasil Studi Evaluasi Dampak Program Kartu Prakerja, dikutip Pajak.com, Jumat (03/12).

Baca Juga  Sinergi BI-KemenkopUKM Rilis Pusat Wastra Nusantara

Febrio mengemukakan, keterampilan yang diberikan dalam program ini harus memenuhi setidaknya satu dari skilling atau penambahan kemampuan, upskilling atau peningkatan kemampuan, dan reskilling atau penggantian kemampuan.

Selain itu, kebijakan pemberian Kartu Prakerja juga diarahkan untuk mendorong peningkatan keterampilan yang dibutuhkan terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan teknologi digital.

“Melalui Program Kartu Prakerja diharapkan kompetensi baik para pencari kerja baru, pencari kerja yang alih profesi atau korban Pemutusan Hubungan Kerja dapat mengisi kebutuhan dunia kerja sehingga masalah pengangguran Indonesia dapat lebih diatasi,” jelas Febrio.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *