in ,

Kemenperin Fokus Layanan Jasa Industri “Go Digital”

Kemenperin Fokus Layanan Jasa Industri “Go Digital”
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan kemampuan industri dalam negeri agar bisa lebih berdaya saing global. Hal ini sesuai dengan program priotitas yang terdapat di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Oleh karena itu, pihaknya akan fokus melayani jasa industri untuk go digital untuk mendukung hal tersebut.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, peningkatan daya saing dan nilai tambah industri manufaktur sangat tergantung pada kemampuan industri dalam merespons tuntutan global.

“Misalnya, dapat mengikuti perubahan teknologi terbaru, seperti pada penerapan teknologi industri 4.0,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11).

Ia menambahkan, sektor industri Indonesia masih menunjukkan geliat optimis, berkat berbagai langkah yang dilakukan oleh Kemenperin untuk meningkatkan nilai tambah di sektor industri.

Baca Juga  Perputaran Ekonomi Musim Lebaran Capai Rp 72 Triliun

“Seperti mendorong hilirisasi, substitusi impor, dan mendorong industri dalam negeri sebagai bagian rantai pasok global,” tambahnya.

Sementara itu, pada acara Temu Pelanggan Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Surabaya 2021 yang bertemakan “BISBY GO DIGITAL, Peningkatan Layanan Baristand Industri Surabaya dalam Mendukung Daya Saing Industri Nasional”, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan bahwa terdapat lima area bisnis standardisasi dan jasa industri yang erat kaitannya untuk mendukung substitusi impor, peningkatan daya saing, dan penguatan struktur industri.

“Kelima area bisnis tersebut, yaitu standardisasi bidang industri baik yang bersifat wajib maupun sukarela, program pemanfaatan produk dalam negeri, standardisasi industri hijau, transformasi industri 4.0, dan jaminan produk halal,” katanya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0