in ,

Menteri KP Ajak Stakeholder Jalankan Program Terobosan

Menteri KP Ajak “Stakeholder” Jalankan Tiga Program Terobosan
FOTO : IST

Pajak.com, Bandung – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak seluruh pemangku kepentingan/stakeholder di sektor Kelautan dan Perikanan (KP) untuk bersama mewujudkan sektor KP yang maju dan berkelanjutan. “Saya mengajak seluruh stakeholder sektor KP untuk ikut mewujudkan kelautan dan perikanan yang maju dan berkelanjutan melalui tiga program terobosan KKP,” ungkap Menteri Trenggono saat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KKP Tahun 2021 di Bandung, Selasa (06/04).

Ketiga program terobosan yang dimaksud adalah peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Hal itu akan dilakukan melalui skema pasca produksi dan skema konsesi bagi hasil. Harapannya, dengan skema baru itu sektor perikanan tangkap ditargetkan akan mampu memberikan kontribusi PNBP kepada negara yang diperkirakan sebesar Rp 12 triliun pada tahun 2024.

Baca Juga  Jasa Marga Raih Laba Bersih di Tengah Pandemi Covid-19

“Peningkatan PNBP kita arahkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, diantaranya melalui asuransi kesehatan dan jiwa, serta tabungan hari tua,” jelasnya.

Program terobosan selanjutnya berupa pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung oleh riset kelautan dan perikanan. Hal tersebut dilakukan dengan fokus pada komoditas bernilai ekspor tinggi seperti udang, lobster tropis dan rumput laut. Namun, KKP juga akan tetap memerhatikan komoditas ekonomis lainnya, seperti kerapu, kepiting, nila dan bawal bintang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *