in ,

Industri Gim Jadi Modal Kebangkitan Subsektor Ekraf

Menparekraf, Industri Gim Jadi Modal Kebangkitan Subsektor Ekraf
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, industri gim bisa menjadi modal tersendiri bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif (ekraf) di tengah pandemi. Terlebih dari 17 subsektor ekraf di Indonesia, aplikasi dan permainan (gim) pada 2020 menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

“Nominal sebesar Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen disumbangkan subsektor aplikasi dan game developer untuk PDB nasional. Ini juga sejalan dengan janji Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan e-sport dan industri gaming yang menjadi salah satu modal bangsa,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (17/08).

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf akan terus berupaya membuka akses pasar seluas-luasnya khususnya bagi para pelaku ekraf subsektor industri aplikasi gim. Apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, subsektor Aplikasi Game Developer (AGD) menunjukkan tren kenaikan positif dibandingkan subsektor lainnya.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

“Tercatat subsektor AGD memiliki nilai pertumbuhan positif tertinggi kedua setelah subsektor TV dan radio,” tambahnya.

Sandiaga menjelaskan, dengan adanya jumlah pertumbuhan sebesar 4,47 persen, Kemenparekraf berharap gim menjadi pandemic winner untuk mendorong pergerakan ekonomi Indonesia, bersama subsektor prioritas dan unggulan lainnya.

“Saya mengajak para stakeholder di Indonesia untuk tetap positif dan optimistis karena kita melihat kondisi ini sangat dinamis. Tapi, kita yakin di industri game ini ada peluang yang harus dimanfaatkan untuk menjadi pemenang,” jelasnya.

Melihat perkembangan tersebut, Kemenparekraf memutuskan untuk mendukung dan berpartisipasi di dua ajang bergengsi gim global yaitu Gamescom Global dan Tokyo Game Show (TGS). Gamescom Global merupakan B2B event dari Gamescom 2021 yang akan dilaksanakan 15 September 2021 dan TGS akan dilaksanakan 30 September sampai 3 Oktober 2021.

Baca Juga  Jokowi: Saham Freeport Naik 61 Persen, 80 Persen Pendapatannya Masuk ke Negara

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *