in ,

Indonesia-Prancis Jalin Kerja Sama Jaga Kelestarian Laut

Indonesia Prancis Jalin Kerja Sama Jaga Kelestarian Laut
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melakukan kerja sama riset kelautan dengan Kementerian Kelautan Prancis. Kerja sama ini selain untuk menjaga kelestarian laut juga melakukan riset dan inovasi ikan pelangi, ikan botia, dan maggot sebagai pakan ikan alami.

Menteri Kelautan Prancis Annick Girrardin, menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama yang telah dilakukan BRSDM dengan mitra Prancis. Dia juga mengaku sangat senang melihat kerja sama riset yang telah terjalin baik dengan Indonesia.

“Saya merasa senang sekali bisa hadir di lembaga ini. Prancis adalah merupakan negara dengan ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) terbesar di dunia dan Indonesia negara kepulauan terbesar di dunia dengan ZEE yang luas. (Kerja sama) ini merupakan kepentingan untuk Indonesia dan Prancis yang mengupayakan perlindungan kelestarian laut,” kata Menteri Annick Girrardin seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian KKP Sabtu, 12/6/2021).

Baca Juga  Indonesia Berpeluang Tingkatkan Ekspor Kabel ke Ukraina

Girrardin mengatakan, upaya menjaga kelestarian laut menjadi tantangan terbesar untuk menangani polusi laut, termasuk sampah plastik di lautan yang menjadi permasalahan terbesar di banyak negara. Ia mengaku mengapresiasi upaya Indonesia untuk mengurangi sampah plastik sekitar 70 persen sampai tahun 2025 mendatang. Pihaknya siap membantu Indonesia untuk mencapai target tersebut melalui kegiatan Marine Debris Project.