in ,

Ekspor Kelautan dan Perikanan Naik 4,15 Persen

Ekspor Kelautan dan Perikanan Naik 4,15 Persen
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menargetkan peningkatan kualitas produk kelautan dan perikanan untuk menggenjot volume dan nilai ekspor di 2021. Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mencanangkan kenaikan sekitar 1 miliar dollar AS dari tahun sebelumnya atau total 6,05 miliar dollar AS di tahun ini.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) Artati Widiati mengungkapkan, selama caturwulan pertama 2021, ekspor komoditas kelautan dan perikanan menunjukkan kinerja positif. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), dibanding tahun lalu, peningkatan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan mencapai 4,15 persen selama Januari-April 2021 (480 kode HS 8 digit).

Baca Juga  BSI Pimpin Pembiayaan Infrastruktur Sumsel

“Total nilai ekspor selama caturwulan I tahun ini sebesar 1,75 miliar dollar AS,” ungkapnya dikutip dari laman KKP, Jumat (04/06).

Ia menambahkan, kinerja positif tersebut berdampak pula pada neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan. Menurutnya, surplus neraca perdagangan kali ini mencapai 1,59 miliar dollar AS atau naik 3,26 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Bahkan, pada April 2021, nilai ekspor produk kelautan dan perikanan menyentuh angka 488,61 juta dollar AS atau lebih tinggi 11,6 persen dibanding April 2020. “Sektor kelautan dan perikanan adalah harapan menjadi pengungkit perekonomian di masa pandemi Covid-19,” tambahnya.

Artati menegaskan, peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan ini menjadi momentum untuk pencapaian target ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar 6,05 miliar dollar AS. Oleh karena itu, ia pun optimistis target tersebut bisa tercapai mengingat permintaan seafood di pasar global yang kian meningkat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0