in ,

KKP Ingin Subsektor Perikanan Tangkap Dongkrak PNBP

Bantuan Pinjaman Modal Kementerian Kelautan dan Perikanan Ingin Subsektor Perikanan Tangkap Dongkrak PNBP
FOTO : IST

Pajak.com, Sulawesi Utara – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) memberikan bantuan pinjaman modal sebesar Rp 5,27 miliar kepada kelompok nelayan, pembudidaya, dan pelaku usaha perikanan di Provinsi Sulawesi Utara (Sultra). Bantuan modal usaha diberikan kepada beberapa penggiat usaha kelautan dan perikanan dari Kota Bitung, Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Utara.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Tb. Haeru Rahayu mengatakan, pinjaman modal ini bertujuan untuk memacu tumbuhnya kegiatan usaha sektor kelautan dan perikanan di tengah masyarakat. Sekaligus menjadi solusi bagi pelaku usaha yang ingin bertahan maupun mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga  Penerimaan Negara Sektor ESDM Capai Rp 141 Triliun

“Penyaluran bantuan pinjaman modal berbunga sangat ringan ini merupakan program rutin KKP sejak beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, total pinjaman yang disalurkan lebih dari Rp 600 miliar untuk masyarakat kelautan dan perikanan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” kata Haeru.

Selain menyerahkan bantuan pinjaman modal, Haeru beserta sejumlah anggota Komisi IV DPR RI meninjau Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung. Haeru mengapresiasi kinerja pengelola pelabuhan dalam melayani masyarakat nelayan maupun pelaku usaha yang berimbas pada peningkatan produksi perikanan tangkap setiap tahunnya. Ia menyebut, realisasi nilai produksi perikanan tangkap di PPS Bitung periode tahun 2015-2019 meningkat rata-rata sebesar 11,60 persen per tahun.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0