in ,

100 Nelayan Magelang Dilatih Hasilkan Produk Olahan Ikan

100 Nelayan Magelang Dilatih Hasilkan Produk Olahan Ikan
FOTO : IST

Pajak.com, Magelang – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pelatihan untuk 100 nelayan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Program ini dilakukan agar nelayan bisa mengolah ikan menjadi aneka produk olahan, seperti sambal tomat lele, kaki naga, dan bakso ikan. Nelayan juga dilatih untuk menghasilkan dan mengemas produk unggulan daerah, yaitu ikan lele dan nila.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Lilly Aprilya Pregiwati mengungkapkan, meskipun jumlah produksi perikanan budidaya di Kabupaten Magelang cukup tinggi, namun angka konsumsinya masih rendah.

KKP mencatat, di tahun 2019 angka produksi ikan untuk komoditas ikan lele dan nila mencapai lebih dari 5.000 ton per tahun, sementara angka konsumsi ikan hanya sebesar 19,71 kilogram (kg)/kapita/tahun. Angka ini jauh di bawah angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah, yaitu sebanyak 33,71 kg/kapita/tahun dan AKI nasional yakni 54,49 kg/kapita/tahun.

Baca Juga  Yustinus: Pengaturan PPN Bagian dari Konsolidasi Fiskal

“Diversifikasi produk olahan ikan di Kabupaten Magelang ini masih cukup awam, padahal potensi budidayanya melimpah. Masyarakat perlu dilatih mengolah produk perikanan di daerahnya menjadi produk yang bernilai tambah sekaligus meningkatkan konsumsi ikan masyarakat,” kata Lilly, melalui melalui siaran yang diterima Pajak.com.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *