in ,

KKP Bidik Kredit Program Pembiayaan Usaha Rp 8,98 T

KKP Bidik Kredit Program Pembiayaan Usaha Rp 8,98 T
FOTO: Dok. KKP

Pajak.com, Bogor – Setelah rebound di tahun 2021, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan akselerasi program pada tahun 2022 ini. Tak tanggung-tanggung, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti mematok angka sebesar Rp 8,98 triliun untuk pembiayaan usaha di sepanjang tahun ini.

Menurutnya, melalui program Gerai Investasi dan Layanan Usaha (GISELA), KKP akan menempatkan Tenaga Pendamping Usaha Kelautan dan Perikanan (TPUKP) di sejumlah lokasi prioritas. Mulai dari Kampung Budidaya di Kabupaten Pati, Gresik, Kupang, Pasaman Barat, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan Lombok Timur, serta lokasi pengembangan klaster daya saing di Kabupaten Sambas, Konawe Selatan, dan Ogan Komering Ilir.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

“Saya yakin, dengan pendampingan TPUKP dan Dinas KP di 34 provinsi, target ini dapat tercapai bahkan bisa terealisasi hingga dua digit atau mencapai target optimis sebesar Rp 10 triliun,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (15/02).

Artati memaparkan realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor KP pada tahun 2021 mencapai Rp 8,05 triliun dan telah disalurkan kepada 231.329 pelaku usaha. Sementara berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, TPUKP turut berperan dalam penyaluran pembiayaan kepada 1.771 pelaku usaha dengan realisasi sebesar Rp 43,61 miliar, serta pendataan dan pembinaan kepada 4.889 pelaku usaha sekaligus calon debitur potensial.

Ia pun meminta agar prestasi ini dapat terus ditingkatkan agar kehadiran TPUKP semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *