in ,

LPEI Adakan Pelatihan Dorong UKM Sumut untuk Ekspor

LPEI Adakan Pelatihan Dorong UKM Sumut untuk Ekspor
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menghelat Coaching Program for New Exporters (CPNE) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), pada (10-11/7). Program ini bertujuan untuk mendorong usaha kecil menengah (UKM) melakukan ekspor.

Direktur Eksekutif LPEI Daniel James Rompas mengatakan, Medan memiliki potensi UKM berorientasi ekspor yang terbesar di Pulau Sumatera. Medan mampu mencatat pertumbuhan ekonomi 5,98 persen pada tahun 2019 dengan nilai ekspor mencapai 20 miliar dollar AS. Adapun komoditi unggulan ekspor ditopang oleh sayuran, buah, kopi, rempah, dan makanan minuman.

“Pencapaian yang kami sampaikan merupakan wujud pelaksanaan mandat LPEI, yaitu meningkatkan ekspor nasional, membantu pemulihan ekonomi nasional, serta meningkatkan kapasitas UKM di daerah agar dapat melakukan kegiatan ekspor dan memasarkan produknya ke pasar global,” kata James, dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, pada (12/6).

Baca Juga  Kembali Terpilih Jadi Ketum ISEI, Ini Fokus Perry Warjiyo

Ia menjelaskan, CPNE merupakan salah satu bentuk pelayanan jasa konsultasi LPEI. Program ini membantu membuka akses pasar ekspor UKM melalui global marketplace; pameran, baik yang dilakukan secara off-line maupun virtual; pengembangan community development melalui program desa devisa.

CPNE di Medan ini diikuti 25 UKM yang berasal dari Sumut—setelah melewati tahap seleksi. Adapun seleksi dilakukan oleh LPEI, praktisi ekspor, dan pemangku kepentingan lainnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0